Blog
Live

Breaking News

Berlayar Ke Pulau Keraba Kecil

Berlayar Ke Pulau Keraba Kecil

Pulau Keraba Kecil
Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat ini memang tidak diragukan lagi soal wisatanya. Tidak hanya Pantai Carocok menjadi aikon, baru-baru ini muncul wisata yang sangat laur biasa, yaitu Puncak Mande, yang terletak di Tarusan, Kab. Pesisir Selatan (Pessel).Saat ini kita tidak membahas keindahan Pantai Carocok maupun Puncak Mandenya, Namun penulis lebih membuka selerah baru bagi pencinta wisata.


Sudah pernah mendengar nama Pulau Keraba Kecil, yang  berjarak tiga mil dari pantai Samudera, Surantih, Kec. Sutera, Kab. Pessel. Nah, pulau ini sangat menarik untuk dikunjungi, karena terasa lengakap bahwa pulau ini surganya Penyu Hijau.  Selain itu, pulau yang luas satu hakter ini merupakan, lokasi penampungan penyu dari Kementrian Kelautan dan Perikanan.


Efrijon petugas Pemberdayaan Penyu Pulau Karaba Kecil mengatakan, sejak 2010 Pemberdayaan Penyu Pulau Karaba Kecil, kurang lebih sudah lepas 40 ribu anak penyu di perairan pantai barat Sumatera Barat. "Untuk 2015 ini mulai berkurang karena belum musim bertelur," jelasnya.

Selain itu, Efrijon mengungkapkan  dari 40 ribu anak penyu yang sudah dilepas, kemungkinan yang bisa bertahan hidup hanya 25 persen, menurutnya hal tersebut disebabkan karena ancaman binatang pemangsa di laut lepas. "Yang hidup mungkin seperempat dari 40 ribu," ujarnya.

Sangat luar biasa sekali, inti wisata ini tidak akan membuat pengunjung kecewa, kerana pulau ini juga tersedia penginapan bagi pengunjung, yang sesuai dengan selera wisatawan pecinta pulau. Terasa sempurna, wisata ini adanya mercusuar dengan ketinggian 30 meter, sangat luar biasa pemandagan di atas sana, karena bisa melihat pulau Sumatera, kususnya Kab. Pessel dari kejauhan tiga mil. Diatas mercusuar kita bisa melihat pulau-pulau kecil Kab. Pessel berjejeran, seperti, Pulau Keraba Besar, Pulau katuang dan pulau-pulau lainnya.


Pantai yang putih dan halus, serta air laut yang jernih memberikan ketenangan hati jika membasahi tubuh ini. Di sebalah barat pulau, terdapat karang tempat bermain ikan, cocok sekali buat lokasi pancing jika malam mencapa pulau indah ini. Hasil pancingan tersebut, lebih nikmat dibakar kemudian dimakan di atas mercusuar tersebut.



Untuk menuju pulau ini, kita cukup membayar bensin masyarakat pantai yang ingin pergi melaut. Biasanya masyarakat tidak meminta dibayar, cuma partisipasi pengunjung saja.
Jika pengunjung dari Padang, setelah sampai di Pasar Surantih, tepatnya di kampung Samudera. Kurang lebih setengah kilo kita sudah di tepi pantai samudera tersebut.

Sedangkan untuk langsung kepulau, kita memakan waktu setengah Jam. Tidak terlalu jauh, karena ditengah perjalan mata kita akan dihiasi pemandangan laut serta ikan lumba-lumba yang akan megiringi perjalanan kita.


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment