Melihat Kemegahan Museum PDRI di Koto Tinggi

Wednesday, 2 September 2020 : September 02, 2020

Usai melihat ke indahan kampung Sarugo, kali ini aku diajak warga Jorong Sungai Dodok, Kenagarian Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh, Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat untuk melihat perjalanan Pemerintah Darurat Indonesia (PDRI) didaerah tersebut. 

Kurang lebih 2 Km dari Kampung Sarugo, kita bisa melihat markas Ketua PDRI, yakni Syafruddin Prawiranegara yang sudah berusia ratusan tahun.  Disana terdapat tujuh unit rumah, namun hanya beberapa rumah saja yang bisa ditempati dan sisanya sudah rusak parah. 


Beruntung juga pada waktu, aku melihat prosesi peletakan batu pertama pembangunan markas Syafruddin Prawiranegara oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, H. Nasrul Abit Dt Palintang Panai yang diinisiasi oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Usai melihat prosesi peletakan batu pertama,  aku langsung menuju museum Syafruddin Prawiranegara yang dibangun beberapa tahun silam. Wah ternyata museumnya sangat besar dan sangat unik. Bahkan pada bagian dalamnya sangat mewah, seperti bioskop. 

Aku sangat bersykur bisa kesana, karena pemandagan di Koto Tinggi sangatlah indah sekali. Dan kami telah merencanakan untuk kesana lagi, sehingga bisa secara sempurna melihat perjuangan pahlawan Syafruddin Prawiranegara memperjuangkan Republik Indonesia.

Sayangnya meskipun ini adalah daerah yang memiliki sejarah tinggi terhadap perjalanan bangsa, fasilitas publik sengat memprihatinkan.

Oh ya, bagi anda akan melihat markas Syafruddin Prawiranegara, ada baniknya berkomikasi dengan Pokdarwir Kampung Sarugo. Anda akan ditemani dengan baik dan sangat memuaskan. Karena, teman-teman di Kampung Syafruddin Priwiranegaranya, masyarakat sangat ramah.



Selengkapnya juga ada dalam video ini, silahkan klik


Share this Article

6 comments:

  1. Wah, daku blum pernah ke siniii
    Pengin bgt nantinya janjian dgn warga Kampung Syafruddin Priwiranegara
    Supaya bisa ditemeni menyaksikan kemegahan museum PDRI

    ReplyDelete
  2. Semoga segera diperbaiki ya fasilitas publiknya. Aku udah lama gak ke museum. Di Jepara museum cuma satu

    ReplyDelete
  3. Note nih, kalo ke Sumatera Barat saya harus ke museum Syafruddin Prawiranegara , penasaran dengan isinya

    ReplyDelete
  4. Catet dulu deh, aku baru sebatas di Bukittinggi, Pagaruyung, dan Payakumbuh. Belum sampai Koto. Terlihat megah sih museumnya ya

    ReplyDelete
  5. Sayang banget yaa, kak..
    Bagian yang rusak parah Syafruddin Prawiranegara belum dibangun ulang.
    Semoga peninggalan sejarah bisa membuat generasi penerus bangsa mengenal kisah zaman dulu.

    ReplyDelete
  6. Berharap semoga pandemi ini segera berakhir biar bisa main ke Bukittinggi dan museum PDRI di koto..

    ReplyDelete