Blog
Live

Breaking News

7 Objek Wisata Wajib Dikunjungi di Pasia Laweh Agam Sumatera Barat

7 Objek Wisata Wajib Dikunjungi di Pasia Laweh Agam Sumatera Barat



Nagari Pasia Laweh yang berada di Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam Sumatera Barat, sasaran aku menikmati weekend pada pertengahan Januari 2020 ini. 

Kabarnya di Nagari Pasia Laweh ini terdapat tujuh objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Sebelum berangkat aku bersama teman teman media di Kota Bukittinggi, telah membulatkan niat untuk jelajah pesona Nagari Pasia Laweh. 



Pagi sekitar pukul 10.00 Wib, kami sudah berkumpul di kadai Permato 
tepatnya di Nagari Gaduik, Agam. Sudah lengkap semuanya, aku dan Bang Jeri (Metrotv), Bang Yudi (RRI Bukittinggi), Kak Dina (Padangtv), Kak Debi (Covesia), Kak Ira (Antara) dan Bang Nanda (Padang Ekspress) mulai capcus ke Nagari Pasia Laweh menggunakan Proton. 

Jalan yang berliku-liku, disempurnakan dengan padatnya perpohonan disepanjang jalan menuju lokasi, menjadi saksi mulusnya perjalanan. 

Kecepatan 80/Jam membuat kami cepat sampai di Nagari Pasia Laweh. Beruntung, kami langsung disambut Ketua Pokdarwis Murai Batu, Pasia Laweh. Sejenak kami mengabadikan momen di depan kantor Walinagari Pasia Laweh. 

Kami didampingi Ketua Pokdarwis Murai Batu, abang Mahyudanil bersama rekannya menggunakan motor Tiger yang keren. Perjalanan kami sangat mulus, menuju sasaran utama ke objek wisata Ikan Banyak Lubuk Parulangan Pasia Laweh. 

1. Objek Wisata Ikan Banyak Parulangan Pasia Laweh


Obek wisata Ikan Banyak ini, masuk ke dalam daftar tujuh objek wisata potensial di Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam. 

Dilokasi ini, kita disuguhkan pemandangan indah, serta masyarakat yang ramah akan lingkungan. 



Sekitar 30 meter dari bibir jalan, kita bisa melihat objek wisata Ikan Banyak. Memang menakjubkan, sungai nan bersih ini dimanfaatkan warga Pasia Laweh untuk ternak Ikan Gariang. Diprediksikan ada ribuan ikan di Lubuk Parulangan ini dengan berat mulai dari dua Ons sampai 5 Kg. 



Kabarnya, Ikan di Lubuk Parulangan ini adalah ikan larangan. Maksudnya tidak bisa diambil sebelum datang masa panennya. Cukup unik, tapi hal seperti ini sangat bagus dalam menjaga ekosistem. 

2. Air Terjun Tiga Tingkat Sungai Guntung



Usai menikmati objek wisata Ikan Banyak, kami melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Tiga Tingkat Sungai Guntung. Taksiran sekitar 5 Km dari obek wisata Ikan Banyak. 



Suasana pemandangan bukit yang masih terjaga dengan baik, membuat suasana perjalanan terasa cepat. Mata kamipun langsung disuguhkan salah satu kekuasaan Tuhan di Pasia Laweh. 

Air Terjun Tiga Tingkat Sungai Guntung dengan ketinggian kurang lebih 43 meter ini, sudah berada didepan mata. 



Kamipun langsung tancap gas, dan sampai dilokasi air terjun. Percikan air mulai membasahi wajah, sontak menghilangkan penat dan dahaga. Kami langsung mengabadikan moment keindahan menjelajah pesona Air Terjun Tiga Tingkat Sungai Guntung dengan penuh keceriahan. 



Air Terjun Tiga Tingkat Sungai Guntung ini mulai dikembangkan pada tahun 2007 menggunakan dana desa serta bantuan dana Pokir anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat. Alhasil sampai saat ini, objek wasata Air Terjun Tiga Tingkat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. 


3. Pemandian Aia Angek Lubuk Paranggai



Usai menikmati pesona air terjun, kami langsung pergi ke objek wisata Pamandian Aia Angek, tepatnya di belakang Pasar Palupuah. 

Dipertengahan perjalanan, kami diajak oleh Walinagari Pasia Laweh, Bapak Zul Arfin menikmati masakan khas masyarakat disana. Ah, kami tidak bisa menolak jika ada tawaran makan besar. Alhamdulillah, soal rasa tidak diragukan, masakan khas Pasia Laweh memang enak, membuat kami ketagihan. 

Ludes dan masuk kedalam perut yang tersaji, kami pun melanjutkan perjalanan ke Pemandian Aia Angek, mengingat waktu sudah mulai sore. 

Tiba dilokasi, tepatnya di Pasar Palupuah, kami langsung menyelusuri pemandian Aia Angek yang berjarak kurang lebih 100 meter dari jalan utama. 

Ketua Pokdarwis Murai Batu Batuah, Pasia Laweh, Bang Mahyudanil menjelaskan kepada kami, bahwa terdapat puluhan titik air panas yang berada di sepanjang Sungai Paranggai tersebut. Air panas ini sudah ditemukan puluhan tahun yang lalu dan hingga saat ini masih terjaga dengan baik. Aia Angek tersebut juga ramai dikunjungi oleh wisatawan disaat libur. 



Soal, banyaknya titik air panas di sepanjang Sungai Paranggai, hingga saat ini masih belum ada jawaban yang jelas dan juga belum ada peneliti yang melakukan peneletian. 

Menjaga agar bisa dinikmati dengan baik, objek wisata Aia Angek ini dikelolah dengan baik oleh Pokdarwis Pemerintah Nagari Pasia Laweh. 

4. Pasar Palupuah dan Markas Jaman Belanda



Cerita panjang soal Aia Angek telah kami dengar dengan baik, kamipun langsung menikmati keramaian Pasar Palupuah yang sudah ada sejak zaman Belanda. 



Anda akan bisa melihat corak rumah tua yang masih terawat dengan baik. Dahulunya rumah tersebut dibangun oleh Belanda yang dijadikan lokasi pertahanannya. 

Dilokasi ini, dikabarkan Tuanku Imam Bonjol ditangkap oleh tentara Belanda. 

Bahkan terdapat informasi bahwa, rumah tua yang dibangun di kawasan Pasar Palupua, pada tahun 1937, cukup tua menurut kami. 

Hari semakin sore, rencana menjelajah 7 objek wisata potensial di Pasia Laweh tidak tercapai. Kami menyudahi perjalanan saat itu, dan akan melanjutkan perjalanan dilain waktu. 

Sebagai referensi berikut 7 objek wisata yang harus dikunjungi di Pasia Laweh Palupuah. 

1. Air Terjun Tiga Tingkat Sungai Guntung
2. Wisata Ikan Banyak Lubuk Parulangan
3. Sarasah 7 Tingkat Jorong Angge
4. Pusaro Panjang Inyiak Tan Barido Jorong Aur Kuning
5. Sarasah Rimbo Kambiang 
6. Pemandian Aia Angek Lubuk Paranggai
7. Batu Baraguang Lurah Dalam







Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

32 comments

  1. Free otak kita lihat alam yg begini kim

    ReplyDelete
  2. Pemandiannya masih alami banget, di sekitar, jalannya masih bebatuan ya. Itu masuknya gratis atau bayar kak? Enak nih main air :))

    ReplyDelete
  3. PR banget kak. Emang Sumbar keren banget ya. 7 hari kami ke sana rasanya kurang buat eksplor. Adaaa aja tempat2 bagus menggugah buat didatengin semoga bisa kesana lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. minimal satu minggu kak. Baru bisa menikmati keindahan Sumbar

      Delete
  4. Wah setiap baca blog maota, selalu mupeng deh
    Kapan ya saya bisa ke Sumbar?

    ReplyDelete
  5. pernah lihat cerita legenda ikan larangan. ternyata beneran ada ya. makasih sudah menceritakan sisi lain Indonesia. Alam Sumbar selalu menggoda untuk disinggahi

    ReplyDelete
  6. Sumbar jadi salah satu provinsi yang ingin saya kunjungi. apalagi setelah baca artikel ini. tambah pengen bisa kesana. thx for share kak Kim

    ReplyDelete
  7. Wisata ikannya menarik. Jadi kalau ke sana ada jadwal yang diumumkan nggak biar bisa panen?

    ReplyDelete
  8. Jadi penasaran nih dengan masakan khas Pasia Laweh yang ludes dimakan teman-teman hihihi... nggak ada fotonya kah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..kalau dimasukin fotonya semakin.ngeler kak heheh

      Delete
  9. Saya suka banget sama wisata air kayak gitu (selain laut yaa hehehe). Makanya saya senang ke air terjun dan tempat-tempat pemandian alami. Noted deh..setidaknya sudah ada referensi kalau kapan-kapan ke Sumatera Barat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap kak. Bekabar dgn aku ya kak. Kalau jalan2 ke Sumatera Barat.

      Delete
  10. Bang Ken harus ajak aku ke sini nih pas liburan :))))

    ReplyDelete
  11. Waduh kece nih. Kalo ke bukit ajak ke sini y

    ReplyDelete
  12. Nama-nama tempat wisata di Sumatera Barat ini sungguh sulit untuk diingat yaa..
    Mengingat tidak bisa bahasa daerah Sumatera.
    Tapi kemarin Ibuku baruu saja dari Padang. Pemandangannya mashaAllah~
    Terkagum aku dengan keindahan alami alamnya.

    Rindu tanah Sumatera~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...terima kasih buat ibunya kakak telah berkunjung ke Sumatera. Nati aku ajarin bahasa Sumatera Baratnya kak

      Delete
  13. Aku tuh lahir di Sumatera Barat tapi belum ada objek wisata yang dikunjungi ketika sudah besar gini. Ada sih rencana mau liburan kesana, ini bisa dijadikan referensi deh. Air Terjun Tiga Tingkat Sungai Guntung itu yang paling menggoda untuk dikunjungi tapi aku biasa solo travelling kayaknya gak asik kalo sendiri kesana yah.

    ReplyDelete
  14. Asyiknya main ke air terjun pasti suasananya sejuk banget ya disana...jadi pengen kesana juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah jadi nagih kak, saya jadi kepengen kesana terus

      Delete
  15. wau, pertama-tama saya ucapkan salam kenal sob,
    terima kasih juga sudah menghadirkan refrensi objek wisata di sumatra Barat, jika berkesempatan semoga saja salah satu tempat diantara 7 rekomendasi ini bisa saya kunjungi.

    Tetapi inti dari komentar saya ialah fotonya. Sob, foto - fotonya keren dan sangat indah, jepretan kameranya keren... fotonya bercerita..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pak guru, semoga ada kesempatan ke Sumbar.

      Delete
  16. Wah keren2 semua kakak. Kapan ya aku bisa mampir kesana? Btw, yg obyek wisata ikan, kita brrti bisa mancing sesuka hati ya?

    ReplyDelete
  17. Gak boleh mancing, tapi kita boleh main2 sama ikannya

    ReplyDelete