Breaking News

Monumen Pesawat Avro Anson 003 RI Butuh Perhatian



Hay, selamat malam pembaca www.maota.my.id. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kebahagian oleh yang maha kuasa. 

Monumen Pesawat Avro Anson 003 RI

Pasca berkeliling di Kecamatan Kamang Magek, kami pun pulang ke Kota Bukittinggi. Eh taunya setelah sampai di Simpang Gadut, Kabupaten Agam. Akhirnya kami belok kanan menuju monumen pesawat Avro Anson 003 RI, Lokasinya berada di tepi jalan lintas Bukittinggi-Medan. 


Sudah ada yang tau apa itu Avro Anson 003 RI ?

Avro Anson 003 RI, adalah pesawat ketiga yang dibeli oleh Indonesia. Proses pembelian pesawat ini secara "badoncek" atau secara bersama oleh amai-amai (Ibu-Ibu) dari ranah Minang. 

Nah, untuk sejarah lengkapnya, teman-teman bisa melihat sumber yang lebih lengkap atau di googling saja. 



Monumen pesawat Avron Anson 003 RI ini, saat ini terlihat kurang terawat. Bahwa dipenuhi semak belukar. Tidak hanya itu, keramik/lantai di kawasan monumen ini, sudah banyak yang copot. 

Padahal monumen pesawat Avro Anson 003 RI ini, terdapat 6 unit patung. Ke enam patung ini, wakili bundo kandung, anggota militer, ninik mamak serta ulama. 

Saran untuk Pemerintah

Monumen pesawat Avro Anson 003 RI sudah seharusnya dikelolah oleh pemerintah Kabupaten Agam. Sangat disayangkan, karena ini adalah bagian dari sejarah. 


Jika dikelolah dengan baik, tentu pengunjung akan ramai kesini. Tidak hanya sebatas edukasi, bahkan juga bisa menambah pendapatan daerah. 

Kalau dilihat sepitas, lokasi monumen pesawat Avro Anson 003 RI saat ini menjadi tempat pacaran. Sehingga tidak elok dilihat. 

Lebih detailnya, yuk lihat video Monumen Pesawat Avro Anson 003 RI. Klik Ini

9 comments:

  1. Monumen pesawat Avro Anson 003 RI karena bersejarah, harusnya memang dirawat dengan baik. Jadi sampai nanti pun bisa tetap dilihat

    ReplyDelete
  2. Salah satu alasan masyarakat malas jalan-jalan ke museum itu karena kondisinya kurang terawat. Padahal banyak hal yang menarik di museum. Tapi, jadi malas juga mengunjunginya kalau gak terawat

    ReplyDelete
  3. Ada sejarah di balik Monumen pesawat Avron Anson 003 RI ini ya..
    Dan semoga dengan perawatan yang baik dari pemerintah daerah, maka Monumen pesawat Avron Anson 003 RI menjadi salah satu tempat wisata yang potensial untuk mengenalkan betapa solidnya Ibu-ibu Minang pada masa tersebut.

    ReplyDelete
  4. Aku suka sedih deh kalau lihat tempat bersejarah terbengkalai. Padahal adanya monumen itu bisa untuk ajang belajar sejarah ya kak. Semoga pemerintah daerah baca tulisan kakak dan mengambil tindakan agar tempatnya bisa dirawat dengan baik.

    ReplyDelete
  5. Sayang banget ya kak monumen bersejarah tapi tidak terawat dengan baik. Semoga pemerintah ada yang baca tulisan ini

    ReplyDelete
  6. Termasuk pesawat yg bersejarah ya. Perawatan itu butuh biaya, semoga ada solusinya entah anggaran dari pemerintah, instansi terkait, atau juga tip dari pengunjung.

    ReplyDelete
  7. Dua kali aku ke Bukittinggi tapi nggak tahu ada museum Avro Anson ini. Setelah baca lengkap baru tahu ternyata jalannya aku nggak lewat karena dari arah Pekanbaru

    ReplyDelete
  8. Suka sedih lihat tempat dengan benda bersejarah tapi nggak diperhatikan, ya. Padahal kalau dibuat lebih apik pasti bisa menarik pengunjung buat datang juga..

    ReplyDelete
  9. Sejujurnya penasaran bgt kenapa bisa yg beli malah ibu2 bukannya pemerintah. besok mau coba googling deh biar lbh paham. Btw iya yaa sayang bgt kalau ada monumen gini ga kerawat

    ReplyDelete