Melirik Bunga Bangkai 'Amorphophallus Gigas' di Sonsang Agam

Friday, 12 June 2020 : June 12, 2020


Dapat kabar bahwa bunga bangkai dengan nama latin Amorphophallus Gigas ditemukan masyarakat di Jorong  Sonsang, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam. Kemudian aku langsung tancap gas ke lokasi yang berjarak sekitar 25 Km dari rumah saya, Surau Gadang, Kota Bukittinggi.


Sebelum berangkat, aku menjemput teman dahulu ke Pasar Banto, Bukittinggi, kemudian kami langsung ke lokasi. Selama perjalanan, kami sudah kontak-kontakan dengan kepala BKSDA Bukittinggi, Bapak Vera Chiko.


Sampai di Jorong Sonsang, kami berhenti sejenak melihat keindahan objek wisata disana sambil menunggu Bapak Chiko.

Berselang waktu 10 menit yang kami tunggu datang. Tanpa menunggu lama, basi tuo saya "Honda Vario 110 cc tahun 2010" langsung ngegas.

Suasana perdesaan yang indah dengan hamparan sawah yang luas membuat saya semakin semangat menempuh perjalanan untuk melihat Amorphophallus Gigas. 

Sayang bangat, sebelum tanjakan motor bebek saya amblas tidak bisa digas. Sayapun langsung berhenti, ternyata minyak motor tua itu banjir kayak "Mancret".

Karena Bapak Chiko menggunakan Kawasaki KLX 150 Cc, saya sangat jauh tertinggal. Begitu juga dengan rekanya Bapak Chiko yang menggunakan Honda Cup 70 yang telah diupgrade dengan mesih honda Astrea 110, he he.

Akhirnya teman saya, Hatta Rizal dari media klikpositif.com, menghubungi Bapak Chiko bahwa motor kami rusak parah. Tak lama, mereka datang, dan ikut membantu Sikuda Besi saya. Namun kesempatan tidak berpihak pada saya.


Akhirnya saya mulai agak patah semangat, namun dengam sigap Pak Chiko langsung mengajak saya menaiki motornya. Sementara teman saya naik dengan Honda Cup 70 Upgrade.

Semangat sayapum kembali membara, dan kami lanjutkan perjalanan dengan ceriah. Kurang lebih 15 menit dari lokasi Kuda Besi saya yang rusak. Kamipun sampai dilokasi tumbuhnya Amorphophalus Gigas. 

Saya langsung mengambil handicam dalam tas dan langsung ngevlog. Ha, saya semakin ceriah setelah melohat "SI LANGKA" itu.

Amorphophallu gigas ini memiliki tinggi 3,67 M dan lebar bagian tengah kurang lebih 30 Cm. Amorphophallus gigas ini agak langka tumbunya jika dibandingkan dengan Amophophallus Titanum atau bunga bangkai pada umumnya.

Karena pada saat itu, hujan. Saya dan teman-teman berteduh dibawah pohon yang rindang. Meski juga basah, tapi cerita pada saat itu tidak mudah terhapus dalam benak. Karena mamang sangat menyenangkan bagi saya, melihat kekayaan alam Indonesia.

Selengkapnya anda bisa melihat di channel youtube saya "Uda Khan".

Berikut link nya:

Share this Article

9 comments:

  1. waaa aku belum pernah nih liat bunga bangkai secara langsung, jadi kepo banget sebenernya pengen liat lansgung hihihi

    ReplyDelete
  2. Datang ke Bukittinggi ya, insyallah aku pertemukan..he

    ReplyDelete
  3. pelajaran penting! kalo ke jalanan kampung, jangan pake matic.

    ReplyDelete
  4. Alhamdullilah di Tahura kota Bandung juga ada Amorphophallus Gigas, sayang saya ngga kesampaian melihatnya berbunga, #hiks

    ReplyDelete
  5. Wha udah lama juga pengen liat bunga bangkai ini. Mungkin suatu saat nanti kali y

    ReplyDelete
  6. Wah harus jalan jauh ya, tapi pasti puas pas bisa lihat bunga bangkai langsung.

    ReplyDelete
  7. Ya ampun asyik banget mas. Ini tanaman langka ya & jarang ditemukan di tmpt lain. Hutannya juga hijau seger gitu suasananya :)

    ReplyDelete