arrow_upward

Amorphophallus Titanium Mekar Sempurna di Koto Rantang Agam

Friday, 29 November 2019 : November 29, 2019

Bunga Bangkai atau juga dikenal dengan nama ilmiah Amorphophallus Titanium adalah bunga langka dan dilindungi. 

Beruntung tanah Palupuah, Kabupaten Agam Sumatera Barat sudah menjadi tanah kesukaan Bunga Bangkai untuk tumbuh dan mekar. Bahkan daerah ini memang acap kali ditumbuhi sehingga  daerah ini menjadi incaran wisatawan internasional.

Bunga Bangkai juga bunga yang menarik dan sangat terlihat cantik dari kejauhan. Sayangnya kalau dekat aromanya tidak secantik warnahnya. Bahkan bunga ini sangat sencitive dari pada  putri malu dan tidak bisa disentuh. 

Kami bersyukur sore itu cuaca sangat cerah, hingga Komunitas Blogger Bukittinggi bisa melanjutkan pertualangannya ke hutan yang berada pada lintasan khatulistiwa itu. 

Lintasan menuju lokasi tumbuhnya Bunga Bangkai milik Heru, warga  Koto Rantang, Kecamatan Palupuah Agam sangatlah ekstrim sekali. Beruntung kami dibantu oleh Heru, sehingga mobil milik anggota Blogger Bukittinggi, Suzuki Karimun dengan muatan lima orang dewasa bisa melaju dengan lancar. Kendati demikian, jika menemukan lokasi yang agak terjal, kami harus turun untuk memberikan aba-aba kepada sopir hingga mendorong.
Kurang lebih 30 menit, akhirnya kami sampai di kebun Heru yang sudah ramai dikunjungi wisatawan untuk melihat mekarnya Bunga Bangkai. 

Perasaan cemas dan letih kami pun terbayar saat  melihat dengan kasat mata indahnya Bunga Bangkai yang mekar sempurna.

Bunga Bangkai di kebun Heru ini memang dijaga dengan baik, bahkan di kawasan lokasi tersebut sudah delapan kali ditumbuhi Bunga Bangkai. Semantara di tahun 2019 sudah yang ketiga kali. 

Saat ini Heru juga sudah membibitkan Bunga Bangkai dan akan diprediksikan akan mekar satu tahun kedepan.