Cara Beli Domain dan Kaitkan ke Blog Pribadi

Monday, 16 December 2019 : December 16, 2019
Memiliki blog dengan domain sendiri adalah keinginan semua blogger. Sementara bagi blogger pemula inilah yang paling sulit dan membuat mata tidak bisa tidur. Nah pada pembasan kali ini, saya mencoba berbagi pengamalan. Bagaimana cara memiliki domain dan memasangnya kedalam blog kita sendiri.

Berikut cara sederhana dari saya. Pertama anda harus login terlebih dahulu pada situs blogger.com. Kemudian masukkan gmail dan paswordnya akun blog anda.

Setelah  anda login akun blog, klik pengaturan atau setelan blog. Nah disana akan ada informasi blog anda dengan alamat bawaan blogger  seperti, blogspot.com. 


Setelah anda membuka blog, selanjutnya klik setelan untuk mengetahui informasi blog anda. Di sana terlihat situs blog anda masih menggunakan blogspot.com.

 


Kemudian bagaimana cara mengganti blogspot menjadi domain pilihan anda sendiri seperti, com, my.id dan net. Sebelumnya anda harus membeli domain terlebih dahulu pada situs menyedia domain  seperti rumahweb.com



Setelah mengunjungi situs rumahweb atau yang lainnya, anda diharuskan logi atau mendaftar terlebih dahulu. Caranya mengklik menu login pada halaman rumahweb pada bagian pojok kanan atas.

 

Setelah di klik, anda diarahkan kehalaman login. Usahakan anda login menggunakan akun gmail anda sendiri. Kemudian anda disarankan membuay biodata dengan lengkap sesuai ketentuan syarat pendaftaran. Setelah semua kolom diisi, silahkan klik register.



Secara langsung  diarahkan ke akun pribadi anda di situs rumahweb. Kemudian disana tedapat informasi domain  layanan dan sebagainya.

Selanjutnya anda klik menu domain dan pilih daftar domain baru. 



Masukan situs blog anda, dan langsung klik search. Tunggu sebentar anda diarahkan ke pilihan domain.



Setelah tampil informasi domain, silahkan pilih sesuai pilihan anda dan klik daftar. 



Anda langsung diarahkan pada informasi pembayaran. Silahkan pilih ATM Bersama dan ini akan membuat anda mudah untuk pembayaran. Partikan dengan baik harga domain, kemudian ceklis pada informasi atas chekout.  Lanjut klik Chekout tulisan warna kuning ya.




Anda kembali diarahkan pada infrmasi rekining yang akan ditranfer. Silahkan pergi ke ATM atau bank terdekat. Anda dikasih waktu sekali 24 Jam.



Setelah anda transfer jangan lupa dokumentasikan truk pembayaran atau bukti trasnfer. 

Kemudian informsi bahwa anda telah order domain dikirimkan melalui gmail anda. Silahkan dibuka, kemudian klik sesuai petunjuk pada informasi dari rumahweb di gmail anda. 

Kemudian buka akun anda di rumahweb dan klik domain, pilih list domain saya. 


Anda langsung diarahkan list domain dan silahkan klik pada bagian kanan logo pengaturan dan pilih kelolah domain.



Kemudian silahkan klik DNS Managemen dan ikut langkah-langkahnya seperti klik start.



Kemudian anda diarah pada Managed DNS. Klik setting blogspot. Setelah itu klik Add Record. Nanti akan tampil informasi yang sesuai pada gambar di bawah ini. 




Kemudian anda buka akun blog, klik pengaturan. Klik tambah url dan masukan alamat blog anda yang sudah pakai domain pada kotak kosong. 

Contoh: www.belajardomain.id. Kemudian save, dan akan langsung tampil informasi seperti gambar. 

Nah, anda blog di link di bawah www tersebut. Kemudian copy .


Setelah anda copy informasi pada pengaturan blog, anda kembali buka akum rumah web.  Kemudian paste pada kotak kosong sebelah domain. 

Sementara record type anda ganti menjadi Cname dan Hostname copy lagi informasi pada pengaturan blog. Kumidan klik add record.

Setelah selesai anda kembali pada pengaturan blog kemudian save setelah anda menyeleseaikan tugas pemindahan informasi blog ke DNS Mangamen. Tunggu kurang lebih 60 menit, blog dengan domain baru anda aktive. 

Selamat mencoba. 



Share this Article

12 comments:

  1. Saya dulu pernah beli domain tapi bukan di rumahweb tapi niaga hoster, saat itu ada promo 15k saja domain xyz, sayangnya tidak saya perpanjang karena perpanjang nya mahal 120k.😂

    ReplyDelete
  2. Awak pun bali domain di Rumah web da ^^

    Sudah masuk 5 tahun, alhamdulillah blm ada keluhan. Bahkan kalaupun telat bayar, masih diberi tenggang utk melunasi dalam bbrp hari dam tidak langsung hangus :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang. Ambo dri dly iyo juo bang. pelayanan lumayan bagus yo bang

      Delete
  3. Saya udah coba..mksh ya ilmunya..

    ReplyDelete
  4. Secepatnya semoga ilmu ini bisa saya terapkan... Thanks infonya bang.

    ReplyDelete
  5. Mantap Kim makasih ya ilmunya. SMG berkah

    ReplyDelete
  6. Insya Allah kamis siang/sore awak main ke Bukittinggi, Daa
    Diundang ke acara Soft Opening cafe OW MY PLATE dakek by pass

    Kalau uda free DM sajo instagram wak yoo
    Siapa tau takaja kopi darat/jumpa sabanta sebelum baliak ke Padang hehe

    ReplyDelete