17 Objek Wisata Bukittinggi yang Wajib Dikunjungi

Wednesday, 18 December 2019 : December 18, 2019


Kota Bukittinggi  memiliki banyak objek wisata yang patut anda kunjungi untuk menikmati liburan di akhir tahun. Berikut 17 objek wisata menarik di Kota Bukittinggi. 

1. Jam Gadang

Jam Gadang adalah bangunan tua yang dibangun pada 1926 oleh arsitek asal Minangkabau bernama Yazid Sutan Maruhun dan  Rasid Sutan Gigi Ameh. Sementara mesin Jam Gadang didatangkan dari Belanda. 

Jam Gadang berada di pusat Kota Bukittinggi, dari tahun ketahun objek wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

2. Lubang Jepang



Lubang Jepang salah satu objek wisata heritage yang di bangun oleh tentara Jepang pada tahun 1942.  Lubang Jepang ini memiliki panjang sekitar 1400 meter dan lebar 2 meter. 

Lubang Jepang objek wisata yang selalu ramain di kunjungi oleh wisatawan. Memasuki Lubang Jepang anda harus membeli tiket terlebih dahulu yang di jual di gerbang masuk Taman Panorama. Saat ini pemerintah Kota Bukittinggi sudah menjual tiket dengan cara e-monay. 

3. Taman Panorama



Sebelum anda memasuki Lubang Jepang, anda akan disuguhkan pemandangan indah Taman Panorama. Di Taman Panorama anda juga disuguhkan dengan keindahan Ngarai Sianok dan Gunuang Marapi serta Singgalang. 

Taman Panorama berada di Jalan Panorama, Kelurahan Kayu Kubu, Kecamatan Guguak Panjang, Kota Bukittinggi.

4. Rumah Pohon Inyiak



Rumah Pohon Inyiak adalah objek wisata dengan konsep alam. Rumah Pohon Inyiak barada di kawasan Ngarai Sianok, Kelurahan Kayu Kubu. Di Rumah Pohon Inyiak ini terdapat taman permainan yang ramah anak, bahkan disini juga ada penginapan ala piramida dengan beratapkan rumput. 



Nah, di Rumah Pohon Inyiak anda juga disuguhkan pemandagan tebing nan indah Ngarai Sianok. 

5. Janjang Saribu



Objek wisata dengan alam yang paling menantag ialah Janjang Saribu. Objek Wisata ini berada di Kelurahan Bukit Apik, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan. Memiliki Jenjang Saribu, salah satu daya tarik pengunjung untuk menaklukannya. Di Janjang Saribu anda juga bisa melihat keindahan Ngarai Sianok. 


6. Panorama Baru



Panorama Baru juga objek wisata alam yang berada di Kelurahan Puhun Pintu Kabun, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan. Di Objek wisata ini yang paling menarik adalah rumah pohon dan udara yang segar. Disini memang lokasi yang pas untuk bersantai bersama keluraga. Memasuki Panorama Baru anda harus membeli tiket dengan harga Rp. 5000 saja. Di Panorama Baru ini anda juga bisa melihat keindahan Ngarai Siano Bukittinggi. 

7. Taman Satwa Marga Budaya Kinantan (TMSBK) Bukittinggi



TMSBK adalah kebun binatang satu satunya di Sumatera Barat yang ada di Kota Bukittinggi. Dikebun TMSBK terdapat ratusan satwa yang lucu dan imut. Bahkan yang paling seram seperti Harimau, Singa dan Buaya juga ada. 

Yang terbaru di TMSBK terdapat kandang Aviary. Kadang Aviary ini akan dioperasi pada awal tahun 2020. 

Memasuki TMSBK anda juga harus membeli tiket menggunakan e-monay. 

8. Jambatan Limpapeh



Jembatan Limpapeh adalah objek wisata heritage yang berada di kawasan Kampung Cina, Bukittinggi. Menikmati kemegahan Janjang Limpapeh anda harus masuk dahulu melalui gerbang masuk TMSBK. 

Dari Jembatan Limpapeh anda akan bisa melihat keindahan Kota Bukittinggi. 

9. Benteng Fort De Kock



Benteng Fort De Kock adalah objek wisata heritage yang dibangun pada pemerintahan Belanda. 

Di Benteng Fort De Kock anda akan merasakan udara yang segar dan membuat anda nyaman. Saat ini dikawasan Benteng Fort De Kock terdapat pondok bersantai dengan banguan kayu yang indah. 

Di Benteng Fort De Kock terdapat sepeda gantung dan tidak kalah keren dengan sepeda gantung yang ada disejumlah objek wisata di luar Kota Bukittinggi. 

10. Pasar Ateh Bukittinggi



Pasar ateh adalah pusat perdagangan di Kota Bukittinggi. Pada tahun 2017 pasar ini terbakar dan tahun 2019 kembali di bangun dengam wajah baru yang megah dan indah. Bahkan Pasar Ateh Bukittinggi menjadi pasar modern dan menjadi percontohan dengan pasar yang ada di Indonesia. 

11. Pasar Lereng



Bagi anda pecinta oleh-oleh dan makanan khas Bukittinggi. Anda bisa berkunjung ke Pasar Lereng Bukittinggi. Anda aka melihat oleh-oleh Bukittinggi yang indah. Tidak jauh dengan Pasar Lereng terdapat Los Lambuang. Disini terdapat kuliner khas Bukittinggi, seperti Nasi Kapau. 

12. Janjang 40




Janjang 40 adalah jajang yang sudah menjadi legenda hingga saat ini. Janjang penghubung Pasar Bawah dan Pasar Ateh Bukittinggi, juga masuk kedalam objek wisata yang anda kunjungi. 

13. Pasar Bawah

Hampir sama dengan pasar pada umumnya. Namun anda harus mengetahuinya, Pasar Bawah adalah pasar tradisional yang menjadi pusat perdagangan kebutuhan sehari-hari. Bahkan pedagang pasar ini juga banhak berasal dari luar Kota Bukittinggi, seperti Agam, Payakumbuh, 50 Kota dan Pasaman. 

14. Wisata Malam Simpang Stasiun


Bagi anda menikmati lezatnya kuliner serta indahnya suasana malam di Bukittinggi, Simpang Stasiun adalah tempatnya. 

Di Simpang stasiun terdapat puluhan pedagang kuliner yang dibuka mulai pukul 16.00 Wib dan selalu ramai hingga larut malam. Di Simpang Stasiun juga terdapat tugu polwan dan sangat menarik menjadi begraound swafoto. 

14. Lapangan Kantin

Lapangan Kantin Bukittinggi atau juga dikenal dengan lapangan Wirabraja Kodim 0304 Agam juga objek wisata yang ramai dikunjungi untuk bersantai. 

Di lapangan kantin terapat pedagang yang menjual beragam kuliner khas Bukittinggi. Bahkan dilokasi ini sering digelarnya pentas-pentas seni. 

15. Rumah Kelahiran Bung Hatta



Anda pasti sudah kenal dengan tokoh pendiri negara republik Indonesia. Ya beliau adalah Bung Hatta. Bung Hatta adalah putra terbaik Sumatera Barat yang lahir di Kota Bukittinggi. Lebih dalam mengenal sosok wakil presiden pertama Indonesia, anda bisa berkunjung ke rumah kelahirannya di jalan Soekarno Hatta Bukittinggi. Rumah sejarah ini selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan setiap harinya, mulai pukul 08.00 Wib sampai pukul 17.00 Wib.


16. Gelangang Pacu Kuda



Bagi anda pecinta kuda, anda bisa berkunjung ke Gelangang Pacu Kuda, Bukit Ambang Bukittinggi. Di pagi hari anda bisa melihat ratusan kuda yang sedang berlatih. Kemudian disaat sore hari anda juga bisa menikmatinya. Gelanggang Pacu Kuda juga masuk kedalam objek wisata heritage dan sudah berusia ratusan tahun. 

17. Pasar Au Kuning


Pasar Aur Kuning Bukittinggi disebut Tanah Abang Sumatera Barat. Selain terkenal dengan pusat grosir Sumatera Barat, Aur Kuning juga terkenal dengan terminalnya yang sudah beroperasi ratusan tahun dan masih beroperasi hingga saat ini. 
Share this Article

16 comments:

  1. Janjang seribu belum pernah...😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Janjang saribu tempat yang sering kami lewati dl waktu msh kecil Kim, buk Nur. Turun kami menjujung kain kotor dan naik kami membawa kain bersih, karena kami mencuci kain kotor di Ngarai Sianok itu lo.

      Delete
  2. Rumah pohon Inyiak, Panorama Baru belum ketempat wisata bagian itu di Bukittinggi...Hmmm

    ReplyDelete
  3. Tapi sediih panorama baru skrg terbengkalai gituu, terakhir kesana masuknya udh ga bayar tapi rumah pohonnya udh hampir bobrok gt, trs rumput2 disana udh pada tinggi2

    ReplyDelete
  4. Udah khatam semua selain panorama baru 😀

    ReplyDelete
  5. Hmmmm, masih banyak yang belum pernah aku kunjungi wkwk

    Tiap ke bukit nggak jauh-jauh dari Jam gadang, pasar atas, pasar lereng, kebun binatang.... XD

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah sudah dikunjungi semuanya.

    ReplyDelete