Breaking News

Tidak Lagi Dilirik, Embung Talago Mumbuang Tetap Menarik



Embung Talago Mambuang menjadi tujuan perjalanan kami pada Sabtu 3 Desember 2022. Kendati cuaca gerimis, kami tetap berangkat menuju lokasi. 

Objek wisata Talago Mumbuang berada di Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam Sumatera Barat. 

Sepintas memang tidak ada yang menarik dari kata "Embung" yang fungsinya hanya untuk menampung air. 

Ternyata, Embung Talago Mumbuang ini sedikit berbeda. Fungsinya tidak hanya sebatas penampung air yang dialirkan ke persawahan. Namun konsepnya juga bisa dijadikan objek wisata alam, karena di kawasan ini terdapat pemandangan yang indah. 



Embung Talago Mumbuang ini dibangun sekitar tahun 2019 lalu dan saat ini sudah berfungsi dengan baik, sebagai penampung air untuk pertanian masyarakat Kamang Madiak. 

Setelah selesai pembangunan sekitar tahun 2020 lalu, embung ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal. Maklum saja, hal yang baru tetap saja membuat penasaran. 



Namun beberda beberapa bulan terakhir, embun ini kurang diminati oleh wisatawan. Entah apa yang salah, kita serahkan kepada yang maha tau. 

Disini saya, hanya sebatas penikmat keindahan. Tentu dengan kondisi Embung Talago Mumbuang saat ini, tidak membatalkan niat untuk berkunjung ke sana. 

Akhirnya, sekitar pukul 09.00 Wib, kami sampai di Embung Talago Mumbuang. Ternyata memamg benar, objek wisata ini sudah kurang terawat. Hal itu terlihat kondisi jalan menuju embung yang sudah dipenuhi rerumputan. Kemudian pondok-pondok kecil tempat jualan kuliner sudah terlihat usang. 

Perlahan, kami mulai melangka menuju bibir/pagar embung Talago Mumbuang. Kami melihat seorang warga sedang memancing ikan. Sontak, aku langsung kaget, ternyata lokasi ini juga tepat menjadi objek wisata pancing ikan, he. 

Secara keindahan, objek wisata Embung Talago Mumbuang ini, tetap menarik pagi saya. Karena viewnya bagus banget. 

Ya, karena saya juga seorang youtuber pemula. Langsung saja tancap gas, membuat video vlog. 

Setidaknya, sebagai kenang kenangan, saya perna ke lokasi ini. 

Yuk klik videonya pada link ini

No comments