Menjaga Cinta Lingkungan Melalui Mural di Puhun Tembok Bukittinggi

Tuesday, 14 January 2020 : January 14, 2020

Kota Bukittinggi adalah kota wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh  wisatawan. Daerah dengan luas 25 Km persegi ini, telah dihuni sebanyak 119.180 penduduk berdasarkan data per Maret 2018 yang dirilis oleh Humas Pemerintahan Kota Bukittinggi.

Padatnya jumlah penduduk di Kota Bukittinggi, ada pekerjaan rumah pemerintah setempat yang selalu ramai diperbincangkan oleh netizen seperti pengelolaan sampah. Soal Sampah di Kota Bukittinggi sangat rentan, karena kota ini, pusat perhatian wisatawan. Tentu penampilan kota sangat menentukan.


Beragam upaya telah dilakukan pemerintah dalam pengelolaan sampah ini, seperti membentuk Tim Orange dibawah Dinas Lingkungan Hidup untuk memungut sampah mulai dari malam hingga pagi. Kemudian Pemerintah Kota Bukittinggi juga menetapkan aturan pembuangan sampah pada sejumlah titik yang disediakan mulai dari pukul 18.00 Wib malam sampai 06.00 Wib pagi. Sampah yang dibuang pada akan diangkut langsung oleh Tim Orange.



Selain itu pemerintah ditingkat kelurahan juga telah membuatkan tempat gantungan sampah, agar masyarakat tidak membuang sampah semberangan tempat. Begitulah perhatian pemerintag Kota Bukittinggi dalam persoalan lingkungan.

Alhasil dari upaya tersebut, pada tahun 2019, Pemerintah Kota Bukittinggi mendapatkan penghargaan Adipura Kota Terbersih. 

Meski telah mendulang prestasi dalam pengelolaan sampah, faktanya masih banyak sampah berserakan di Kota Bukittinggi, mengingat Kota Bukittinggi memiliki belasan objek wisata dan 4 pasar yang selalu ramai dan padat.


Nah, pengelolaan sampah memang tidak hanya urusan pemerintah. Soal sampah adalah tugas bersama, dimulai dari diri sendiri hingga keluarga. 

Salah satu upaya tersebut yang menarik di Kota Bukittinggi, seperti rutinitas warga RT III RW V, Kelurahan Puhun Tembok, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan. Merombak irigasi, menjadi taman yang indah dan ditambah lukisan atau mural, sehingga lokasi sebelumya menjadi tempat pembuangan sampah saat ini terlihat unik dan menarik.


Bahkan, lokasi ini juga terdapat arena bermain bagi anak-anak serta mengedukasikan bagaimana cara menjaga dan mencintai lingkungan. 

Dari lokasi ini, kita bisa belajar bagaimana menjaga lingkungan melaui tangan kreatif seniman. 


#Pedulilingkungan
 #KotaBukittinggibersih
 #KelurahanPuhunTembok
#MuralTerkerenBukittinggi
#BloggerBukittinggi
#Maota
#KotawisataBukittinggi
 

Share this Article

11 comments:

  1. Menjaga lingkungan adalah tugas kita bersama 👍

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Bisa jadi contoh untuk daerah lain..

    ReplyDelete
  4. Mantap Kim, modelling lingkungan yang indah dan artistik. Semoga semua kelurahan berminat menghiasi daerahnya masing-masing, terinspirasi dari kelurahan Puhun Tembok ini.

    ReplyDelete
  5. Iya buk. Dgn cara ini bisa menumbuhkan rasa kepedulian

    ReplyDelete
  6. Kreatif untuk lingkungan indah dan sehat. Semoga jadi contoh

    ReplyDelete