Melirik Lagi Pesona Amorphopallus Titanum

Thursday, 20 February 2020 : February 20, 2020


Bunga Bangkai atau dikenal dengan nama latin Amorphopallus Titanum kembali tumbuh mekar di Nagari Koto Ratang, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam. 

Mendengar informasi mekarnya bunga langka ini, aku dari TVRI, Bang Jeri (Metrotv), Hatta Rizal (klikpositif), langsung tancap gas ke lokasi yang didampingi oleh Keeper Bunga Bangkai disana yang bernama Heru Nofriandi. 

Beruntung lokasi tumbuhnya Bunga Bangkai di awal tahun 2020 ini, tidak jauh dari pemukiman warga, hanya memakan waktu kurang lebih 15 menit dari jalan utama Bukittinggi Medan. 



Sampai di lokasi, aku langsung menulusuri jalan setapak beberapa meter, kondisi alam yang masih terjaga membuat saya semakin semangat untuk melangkah, melihat bungka langka di dunia ini. 

Dari pandangan 10 meter, aku sudah bisa melihat bagian pucuk Bunga Bangkai, dan kamipun percepat langkah. 


Oh indahnya, Amorphopallus Titanum menyambut kami dengan wajah yang mekar sempurna meski mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Kendati aku tetap semangat melihat bunga satu ini. 


Bunga Bangkai memang sering tumbuh dan mekar sempurna di Nagari Koto Rantang, Kabupaten Agam. Bahkan ditahun ini akan tumbuh 8 sampai 9 Bunga Bangkai. Karena kondisi alam di Koto Rantang sangat masih terjaga dengan baik. 

Pertemuan aku dengan Bunga Bangkai yang memiliki  tinggi  lebih kurang 2 meter ini sudah yang kedua kalinya. Sebelumnya pada November 2019 di lokasi yang berbeda, tapi masih di daerah yang sama bersama teman-teman Blogger Bukittinggi. 

Bunga Bangkai yang mekar pada 19 Februari 2020 di Rimbo Parak Pandan, Jorong Batang Palupuah, Koto Rantang ini akan layu lima hari kedepan. 



Jadi bagi teman-teman yang akan melihat Bunga Bangkai di Kecamatan Palupuah ini, masih ada waktu lo. Bahkan di akhir Februari 2020 ini juga akan mekar lagi. 


Nah, jangan bikin pusing kalau soal pendamping ke lokasi. Anda akan ditemani oleh Keepernya langsung. 


Anda bisa melihat video lengkapnya pada link dibawah ini: 


Share this Article

0 komentar :