Evakuasi Kucing Emas Terjerat di Kamang Magek Kabupeten Agam

Wednesday, 17 June 2020 : June 17, 2020

Kucing Emas adalah satwa langka yang dilindungi undang-undang. Kucing Emas ini memiliki nama latin Catopuma Temminckii atau juga dikenal dengan Golden Cat. 


Nah. pada Selasa (16/6/2020), kucing langka ini ditemukan masuk kedalam perangkap jerat babi disalah satu perkebunan warga Jorong Sungai Dareh, Nagari Pauh, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Beruntung satwa tersebut itu, berhasil dievakuasi oleh tim BKSDA Bukittinggi beserta tim medis dari Taman Marga Satwa Budaya Kinantan Bukittinggi.

Proses evakuasi ini berlangsung beberapa jam, dengan kondisi kaki  Golden Cat itu terluka dan digelumuri oleh lalat dan belatung. Sementara kucing nan cantik itu masih bertahan meski terlihat lemas.

Kucing Emas tersebut diprediksi telah berumur empat tahun dan jenis kelamin jantan. Sementara pada saat evakuasi, aku memang melihat secara langsung dan sangat menyedihkan. Apa lagi aku memang sangat menyukai kucing. 

Evakuasi Kucing Emas ini, memang hal yang pertama aku ikuti. Beruntung berteman akrab dengan Kepala BKSDA Bukittinggi, Pak Chiko. Sehingga aktivitas beliau, aku bisa mengikutinya. 

Kucing Emas ini termasuk satwa langka yang mudah stres dan sangat sulit hidup jika telah berinteraksi dengan manusia, apalagi sudah terluka. Aku memang banyak berdoa, agar kucing cantik itu bisa sehat sempurna.

Sayangnya, dua hari setelah dirawat oleh tim medis Taman Marga Satwa Kinantan Bukittinggi, kucing emas itu mati. Huff..aku jadi tambah sedih, dan sangat menyedihkan. Aku juga tidak sempat melihat kucing emas itu, namun beruntung teman-teman BKSDA mengirimkan fotonya.

 

Anda bisa melihat secara utuh pada link youtube dibawah ini: 

Share this Article

2 comments:

  1. semoga makin banyak manusia yg peduli, ikut senang bacanya. mau ke youtube, gak sanggup, bakal gak tega liatnya

    ReplyDelete