arrow_upward

Bermain di Kampung Taxus Sumatrana

Tuesday, 30 November 2021 : November 30, 2021


Jorong Koto Tinggi, memanggil. Aku langsung mempersiapkan diri untuk liputan kesana. Nah, karena lokasinya berada di lereng Gunung Singgalang, aku langsung mengajak Zuran dan mamanya.



Sebenarnya, jauh hari aku sudah dapat pesan singkat dari warga Koto Tinggi, Nagari Pandai Sikek. Bahwa di daerahnya akan ada peresmian kampung Taxus Sumatrana oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah.



Menuju lokasi, kami menggunakan motor tua kesayangan. Yakni Honda Vario 110 Cc tahun 2010. 



Motor kesayangan ini, selalu setia mendampingi kami, meskipun sudah tua dan  banyak penyakit  dipikulnya. Karena tidak ada pilihan lain, kami selalu merawat dengan baik dengan rajin dibawa ke bengkel. 



Sekitar pukul 09.10 WIB, kami mulai berangkat dari rumah menuju perkampungan Taxus. Perjalanan cukup dekat, sayangnya jalur menelan bensin kendaraan cukup banyak. Karena sekitar 5 Km, akan melintasi tanjakan dan belokan yang tajam.



Kendati jalurnya memiliki tanjakan yang cukup panjang, selama perjalanan terdapat pemandangan yang indah, tentu ini akan menghilangkan lelah diperjalanan.

Kiri dan kanan akan terlihat kawasan perkebunan sayur mayur. Kemudian dari pinggang Gunung Singgalang ini, akan terlihat Kota Bukittinggi dari kejauhan sekitar 30 Km. 



Akhirnya, kami berhasil sampai di kantor transmisi TVRI dan RCTI. Nah, dari sini, perjalanan sudah sampai, yakni Kampung Taxus Sumatrana. 

Nah, kami rehat sejenak. Aku mengajak anak dan istriku ke kantor Transmisi TVRI. Sebenarnya aku sudah  lama tidak bersua dengan rekan kerja, akhirnya kami bersua disana. 

Usai bercerita panjang, aku melanjutkan perjalanan ke Pos Taxus Sumatrana.



Dari Kampung Taxus Sumatrana, pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah, secara sempurna akan terlihat Gunung Marapi berdiri dengan gagah. Hmm..sangat menakjubkan. 

Usai menikmati pemandangan alam yang indah, aku mengenalkan bentuk dari tanaman Taxus Sumatrana kepada kepada Zuran dan mamanya. 

Taxus Sumatrana sejenis kayu kayu an, yang hanya ditemukan pada tiga lokasi di Indonesia seperi di Sumatera Utara, Kerinci dan Gunung Singgalang, Sumatera Barat. Kemudian Taxus juga ditemukan beberapa negara di dunia.

Baca juga tulisan aku sebelumnya tentang Taxus Sumatrana. Klik disini


Taxus Sumatrana di lereng Gunung Singgalang, Sumatera Barat.


Rebusan daun Taxus Sumatrana sangat ampuh dalam pengobatan kanker dan diabetes. Bahkan ini sudah dilakukan penelitian, baik itu lembaga Balai Litbang Kuok dan lembaga Farmasi. 



Nah, jika menikmati ekstrak daun Taxus Sumatrana, juga bisa langsung di kampung Taxus. Ada beragam variannya, mulai dari seperti teh biasa maupun dicampur dengan telur ayam. 

Rebusan air Taxus ini akan berwarna sama halnya seperi teh, cuman rasanya agak sedikit pahit.