Blog
Live

Breaking News

Yuk Move On Gizi Buruk dan Stunting

Yuk Move On Gizi Buruk dan Stunting

Stunting itu apa ya? 
Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Akibat stunting tersebut pertumbuhan terganggu dimana truktur tinggi badan anak lebih rendah dan tidak sesuai dengan umurny (bertubuh pendek). 


Sumber foto : indianexpress.com



Gizi buruk dan stunting disebabkan oleh:


  1. Rendahnya akses terhadap makanan dari segi jumlah dan kualitas gizi.
  2. Pola asuh yang kurang baik, terutama pada prilaku dan praktek pemberian makanan bayi dan anak.
  3. Rendahnya akses pelayanan kesehatan termasuk akses sinitasi  dan air bersih.
Sumber: Kemenkes RI

Yuk move on dari gizi buruk dan stunting dengan cara mengatur pola makan, agar terhindar dari stunting. Selain itu ada cara yang sederhana untuk terhindar dari stunting dengan membudayakan makana sayur dan buah segar. 


Peserta Temu Blogger Kesehatan di Hotel Pangeran Beach, foto: Panitia acara.


Wah, sangat menarik. Aku memang tidak sadar bahwa aku hidup dalam keadaan stunting. Yang menjadi pertanyaan adalah berapa batas tinggi anak yang bebas di sebut dengan stunting, sebab tinggi aku hanya  162 cm., hu..hu..

Blogger Sumatera Barat.



Tapi aku bersyukur, Kemenkes RI menggelar acara "Temu Blogger Kesehatan" di hotel Pangeran Beach Padang yang mengundang aku dan menambah pengetahuan dalam bidang kesehatan. Acara yang dihadiri oleh puluhan blogger Sumatera Barat ini menambah suasana yang menarik. Sayangnya acara tersebut dilaksanakan hanya seharian. Pengen nambah gitu...:)



















Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

4 comments

  1. Kalau tinggi 155 gimana bang?

    ReplyDelete
  2. sudah di ukur tinggi badannya dengan teman2 seangkatan. Kalau rendah dari pada teman seangkatan itu juga di sebut dengan stunting.

    ReplyDelete
  3. 162 cm masih aman kok kak. Lagian setahu aku ukuran stunting itu ada buat anak-anak (Baca: Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Kepmenkes RI) Nomor 1995/MENKES/SK/XII/2010 tentang Standar Antropometri Penilaian Status Gizi Anak). Di blog aku juga nulis ini, silakan mampir kak di taruihbaraja(dot)com. Hehe.

    ReplyDelete